Rabu, 23 Juni 2010

Lomba Design Rumah Murah-Griya Kreasi,2009



BAMBOO HOUSE

Masalah kekurangan rumah di Indonesia masih selalu menjadi isu penting dalam setiap perbincangan perumahan. Angka kekurangan 6,5 juta per tahun pada dekade terakhir ini bukanlah angka yang kecil dan sederhana untuk memenuhinya.

Kekurangan yang diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti pertambahan penduduk, kerusakan akibat usia bangunan, dan kerusakan karena bencana alam dan ulah manusia tersebut membutuhkan pemikiran dan penanganan yang komprehensif serta rasa empati pakar perumahan dan pembangunan dalam bentuk komitmen serta aksi. Kondisi ini bahkan diperburuk dengan krisis ekonomi global yang saat ini sedang berlangsung sehingga mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat, urbanisasi, terjadinya kesenjangan sosial antar masyarakat kita dan semakin menipisnya sumber daya alam akibat eksploitasi besar-besaran pada alam. Hal ini mendorong lahirnya desain rumah yang murah tetapi tetap layak huni bagi masyarakat kita yang kurang mampu.

Indonesia merupakan negara yang subur dan makmur, termasuk dalam hal persediaan material bangunan. Dengan ketersediaan bahan baku untuk pembangunan gedung, apalagi sekadar rumah tinggal, Indonesia seharusnya mampu menekan harga konstruksi sampai pada batas ambang minimal sehingga rakyat, khususnya kelompok masyarakat menengah ke bawah dapat memenuhi kebutuhan mereka akan rumah yang layak huni tetapi dengan harga yang terjangkau.

Esensi rumah murah selama ini selalu dikonotasikan dengan rumah sederhana yang tidak mempertimbangkan estetika, tidak layak, bahkan cenderung kumuh. Paradigma ini tidak selamanya salah karena proses pembangunan yang terwujud selama ini telah menghasilkan produk yang demikian. Baik rumah produk Perumnas maupun rumah contoh hasil penelitian dari sebagian pusat penelitian bahan bangunan, merupakan salah satu contoh pengejawantahan atas paradigma ini. Tidak bisa dimungkiri bahwa ketika proses mengonstruksi bangunan rumah dengan biaya yang pas-pasan, segala elemen pembangunan ditekan seefisien mungkin: mulai dari luas bangunan, bahan konstruksi, sampai dengan tenaga kerjanya.

Efisiensi memang mutlak diperlukan, namun sering kali nilai efisiensi belum dikaitkan dengan nilai optimasi. Dalam hal ini rancangan yang komprehensif dalam mengoptimalkan potensi unsur pembangunan rumah tinggal perlu selalu dikaji secara intensif.





SOLUTIONS-BAMBOO HOUSE WITH EFFICIENCY DESIGN

Oleh sebagian temuan penelitian, pengertian rumah murah dijabarkan dalam lima kriteria.

1.Pemilihan bahan lokal yang mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau
Pada umumnya, bagian-bagian bangunan yang terbuat dari bambu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan bahan bangunan lain untuk kegunaan yang sama. Sebagai perbandingan harga 1 batang bambu dengan panjang sekitar 6 meter berharga Rp 20.000,00. Sedangkan harga bata merah dengan volume 67 m2 adalah Rp 63.100,00.

Bambu juga terdapat di seluruh Indonesia. Bambu adalah bahan ramuan yang penting sebagai pengganti kayu biasa bagi penduduk desa. Penduduk desa menanamnya di halaman rumah, pada lereng gunung, sepanjang sungai atau jurang, dan sebagainya.


2.Proses pembangunan rumah yang dapat dilaksanakan dengan teknologi sederhana
Kriteria sederhana yang dimaksud di sini adalah teknik pemasangan yang mudah dipahami oleh masyarakat awam tanpa menggunakan alat yang rumit dan canggih. Dalam hal ini, interaksi dengan lingkungan lokal merupakan kewajiban dalam mengejawantahkan teknologi sederhana. Artinya, teknik itu memiliki proses yang mudah dilaksanakan dan mengonsumsi bahan baku yang mudah diperoleh dan murah, serta tidak bergantung pada produk tertentu.

Pada arsitektur bambu, sambungan-sambungan konstruksi bamboo secara tradisional dapat dilakukan dengan takikan, purus atau lubang, pasak atau tangkai kayu, dan pengikatan. Teknik-teknik penyambungannya sederhana dan dapat dilakukan oleh masyarakat awam.


3.Sistem perawatan yang tidak rumit
Aspek sustainabilitas merupakan dasar pertimbangan untuk mendapatkan sistem perawatan yang murah. Kesederhanaan permukaan bidang, bentuk, dan struktur merupakan sistem perawatan yang sustain. Ketahanan terhadap iklim tropis dengan kelembaban tinggi merupakan pertimbangan utama.

Bahan yang kedap air merupakan alternatif material yang menjadi pilihan. Bambu yang telah dibuat jenuh air (direndam ke dalam air beberapa bulan) merupakan bahan alternatif yang relatif ekonomis, sekaligus memiliki kemampuan konstruksi yang menjamin kekuatan dan kesehatan.

Akan tetapi bambu juga memiliki kelemahan yaitu bahan bangunan ini mudah lapuk bila terkena air. Oleh karena itu pada bagian bangunan yang rentan terkena air seperti bagian eksterior, kamar mandi dan dapur digunakan dinding bambu plesteran komposit untuk memperpanjang umur bangunan.


4.Kekokohan
Sistem rangka batang bambu merupakan struktur bangunan yang sangat efisien terhadap penurunan dan getaran tanah (gempa bumi) dan terhadap tekanan dinamis (angin sebagai gaya horisontal).

Sistem rangka bambu dapat diterapkan untuk kerangka rumah di daerah rawan gempa bumi, pembangunan rumah panggung, konstruksi dinding rangka, pelat lantai maupun atap.


5.Efisiensi terhadap pemanfaatan ruang
Dalam usaha pencapaian rumah murah dengan desain tetap layahkhuni, efisiensi terhadap pemanfaatan ruang dapat dilakukan seperti penggunaan areal teras sebagai ruang tamu, area dapur dan ruang makan tidak dibatasi sekat dan inovasi compact furniture.

Compact furniture adalah furniture yang dirancang secara kompak sehingga dalam 1 furniture dapat diperoleh beberapa fungsi seperti penggabungan fungsi ranjang dan lemari, ranjang dan sofa, dll. Penggunaan furniture ini menghemat penggunaan lahan dan penggunaan material saat pembuatan furniture.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar